Cara menanam dan merawat bibit buah alpukat aligator jumbo agar tumbuh maksimal diu dalam pot atau lahan lainnya


cara menanam alpukat aligator


Salah satu jenis buah yang banyak di konsumsi dan populerdi kalangan masyarakat yaitu adalah buah alpuket, salah satunya jenis alpuket aligator.jenis alpukat ini selain memiliki buah yang berukuran jumbo atau besar buah ini juga memiliki nilai ekonomis yang sangat baik , sehingga banyak sekali para petani yang sedang memudidayakan bibit buah alpuket jumbo ini karena meliki keunggulan yang berbeda dari jenis jenis alpuket lainnya.

namun perlu sobat ketahui setiap jenis alpuket memiliki treathment dan perawatan yang berbeda beda tergantung jenisnya. tentunya hal ini berkaitan dengan kualitas, ukuran, dan rasa dari buah alpuket itu sendiri.

untuk itu sobat perlu ,engetahui bagaimana cara menanam dan merawat bibit alpuket aligator jumbo, yang dapat sobat pratikan untuk sekala besar maupun kecilseperti dihalaman rumah.


Karakteristis pohon alukat aligator

agar dapat tumbuh secara maksimal, ideal nya tanaman ini hidup di dataran rendah.Oleh karenanya jenis tanaman alpukat aligator, umumnya jauh lebih di minati oleh kalangan petani awam,karena lokasinya sesuai dengan masyarakat pada umumnya. ini jauh lebih simple di banding jenis alpuket lain yang umumnya lebih ribet.

untuk lebih jelasnya berikut adalah syarat agar bibit alpuket aligator jumbo ini dapat tumbuh secara maksimal.

Syarat yang harus di penuhi agar bibit alpukat aligator tumbuh secara maksimal 

  • pastikan lokasi anda memiliki ketinggian 5-1500 mdpl, namun agar lebih optimal lagi tanamlah di lokasi dengan ketinggian 200-100 mdpl.
  • pastikan juga curah hujan di lokasi anda berkisaran 700-100mm/tahun , atau emiliki musim kering 2-6 bulan setiap tahunnya.
  • selain itu pastikan suhu di lokasi anda sekitar -+ 28 derajat celcius.
  • cahaya matari yang di butuhkan bibit alpukat aligator sekitar  40-80%
  • pastikan juga angin di sekitar lokasi penanaman cukup untuk proses penyerbukan bunga, akan tetapi maksimalkan tidak terlalu tinggi, baiknya di bawah 70km/jam, karena akan menyebabkan ranting patah.
  • pastikan tanah yang di gunakan pun memiliki tingkat kesuburan tinggi,gembur, serta kaya akan unsur organik. untuk jenis tanah yang cocok adalah jenis tanah lempung berpasir, lempung liat, dan lempung endapan. disertai dengan ph tanah 5,6-64 %.

Proses pemilihan bibit alpukat aligator.

saya akan menjelaskan kepada sobat secara garis besar bagaimana cara pemilihan bibit alpukat aligator jumbo, hal yang terpenting adalah sobat membeli bibit tersebut dari penjual terpercaya apalagi penjual tersebut mampu memberikan garansi kepada sobat. selain itu pilihah jenis bibit yang di perbanyak secara vegetatif, kemudia lihat lah dan perhatikan pastikan bibit tersebut memiliki daun yang berwarna hijau mencolok atu mengkulat, pastikan juga bibit tersebut tidak terkena gangguan hama. agar lebih aman pilih lah bibit yang berukuran di atas 1 meter. jangan lupa tanyakan juga kepada penjual mengenai umur bibit tersebut , pastikan bibit alpuker aligator tersebut berusia lebih dari 1 tahun agar lebih mudah dalam perawatannya. Bibitnya 50rb... kalau yg berbunga 200rb.

Media tanam dan jarak posisi bibit alpukat aligator.

setelah mengetahui persyaratan tumbuhnya alpukat aligator sobat juga perlu, mengetahui tahapan dan persiapan media tanam yang akan di gunakan, sebab hal ini akan menentukan keberhasilan dari penanaman bibit alpukat aligator jumbo ini. sebab, umumnya bibit aligator yang baru di tanam memiliki tingkat stress yang tinggi dan rentang kematian.

oleh karenanya sobat harus mempersiapkan hal tersebut terlebih dahulu sebelum membeli bibit tersebut.

  • media tanam di dalam pot. 
  1. siapkan tanah yang subur dan gembur yang bisa sobat dapatkan di sekitar lokasi sobat.
  2. masukan tanah tersebut bkedalam pot hingga memenuhi pot tersebut.
  3. gunakan GDM SaMe Granule Bio Organic sebanya 850-100grm ke media tersebut secara merata,setelah itu sirami hingga basah.
  4.  masukan larutan  GDM Black BOS sebanyak 250ml gram ke dalam botol sprayer kemidian campurkan dengan air hingga penuh.
  5. lakukan penyeprotan dengan larutan tersebut kepda seluruh media tanaman .
  6. simpan media tanam tersebut di dalam wadah selam beberapa hari sekitar 1 minggu, hal tersebut bertujuan agar bakteri dari kedua pupuk tersebut berkerja secara optimal.
  7. setelah terlihat subur,gembur, dan memiliki banyak mkroba yang di tandai dengan adanya lumut , silahkan tanam bibit alpuket pada media tersebut.
  • media tanam di lahan luas.
untuk penanaman bibit aligator di lahan yang luas biasanya memerlukan persiaoan waktu sekitar 2 bulan, sebelum penanaman bibit, hal ini agar mendapatkan hasil yang optimal.
  1. Galilah tanah kemudia pisahkan antara tanah bagian atas dengan tanah bagian bawah agar  membuat lubang tanam.
  2. setelah itu bualah lubang yang berukuran 75x75x75 cm. namun apabila tanah tersebut keras dan kering buatlah ukuran yang lebih besar lagi agar akar mudah berkembang nantinya.
  3. buatlah jarak tanam sekitar 9x12 m.
  4. biarkan lubang terbuka selama kurang lebih 2 minggu, agar lubang terkena sinar matahari secara langsung , hal ini bertujuan untuk membunuh virus dan bakteri serta hama penyakit.
  5. Ukur pH tanah pada lubang tersebut. Jika tanah asam, Anda disarankan untuk menambahkan kapur pertanian dengan dosis yang disesuaikan, yaitu antara 0,5-1 kg/lubang tanam
  6. di bulan pertama siram lubang tersebut dengan prebiotik yang sudah di campurkan dengan pupuk organik, hal ini bertujuan agar tanah yang kering menjadi gembur dan subur, serta kaya akan unsur hara. kemudian siram dengan air setiap hari
  7. setelah itu masukan kembali tanah, kemudia siram lagi dengan cairan pupuk dan prebiotik, diamkan selama 1 bulan, setelah itu bibit siap di tanam.

cara perawatan bibit aligator jumbo

Cara perawatan alpukat aligator tidaklah berbeda dengan alpukat pada umumnya. Namun, Anda tetap harus melakukan perawatan dengan baik dan benar. berikut ini adalah teknik perawatan alpukat alogator:

  • Metode Penyiangan Gulma
Penyiangan gulma penting dilakukan, utamanya saat tanaman masih kecil. Anda disarankan untuk melakukan penyiangan secara teratur, setidaknya setiap 2-4 minggu sekali.

Penyiangan gulma ini utamanya harus dilakukan disekitar lubang tanam, atau pada radius 1 meter dari batang tanaman. Ini dikarenakan pada radius tersebut terdapat zat hara yang sangat penting bagi pertumbuhan tanaman alpukat aligator.

  • Pembumbunan Tanah
Pembumbunan tanah atau penggemuran tanah diakibatkan dari akitivitas penyiraman, pemupukan menggunakan pupuk kimia dan lamanya waktu budidaya. Oleh karena itu, Anda harus sering melakukan pembumbunan, setidaknya setiap 2-3 bulan sekali.
Pembumbunan tanah ini penting agar pupuk atau air yang diberikan pada tanaman Anda bisa terserap secara optimal oleh akar tanaman. Sebab, jika tanah padat, maka akar tanaman tidak akan bisa menyerap nutrisi atau air secara optimal.
Lakukan pembumbunan pada sekitar tanaman dengan menggunakan cangkul. Jarak pembumbunan ini setidaknya harus dilakukan hingga jarak 1 meter dari batang.
  • Penyiraman
Setelah bibit ditanam, lakukan penyiraman secara teratur. Setidaknya Anda harus menyiram bibit setiap 2 hari sekali saat tidak ada hujan. Lakukan penyiraman pada pagi/sore hari.

  • Pemangkasan Cabang
Pemangkasan cabang perlu dilakukan pada cabang-cabang yang sudah terlalu rapat atau ranting mati,Lakukan pemangkasan cabang alpukat aligator yang terlihat terlalu rapat dengan menggunakan parang yang tajam. Lakukan pemangkasan cabang dengan cepat
pada cabang tanaman yang sudah berumur lebih dari 2 tahun, hal Ini bertujuan agar tanaman bisa fokus untuk tumbuh dan berkembang. Selanjutnya, bersihkan cabang yang sudah dipangkas kemudia silahkan semprot dengan menggunakan fungisida/bakterisida agar cabang yang sudah dipangkas tidak ditumbuhi bibit penyakit.

Tahapan Pemupukan Alpukat Aligator

Alpukat aligator harus dipupuk dengan rutin agar bisa menghasilkan buah yang banyak dan berkualitas. Anda disarankan untuk mengaplikasikan pupuk khusus tanaman buah, agar pertumbuhan buahnya bisa optimal.

Salah satu pupuk utama untuk pembuahan alpukat aligator adalah Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah. Berikut ini adalah cara pemupukan alpukat aligator:

a. Pemupukan Alpukat Aligator Umur 0-1 Tahun

Pada umur 0-1 tahun, pemupukan tanaman alpukat aligator berfokus pada pembentukan akar, batang dan daun. Ini bertujuan agar tanaman bisa bertahan dari kondisi stress akibat lingkungan ataupun serangan hama-penyakit.


  • Buat larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah dengan cara memasukkan 500 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah kedalam sprayer, kemudian aduk hingga merata.

  • Semprotkan larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah tersebut keseluruh bagian tanaman, utamanya bagian daun dan batang tanaman. Lakukan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha dan ulangi pengaplikasian setiap 2 minggu sekali.
  • Tebarkan secara merata 500 gram GDM SaMe Granule Bio Organic di permukaan lubang tanam. Ulangi pengaplikasian setiap 6 bulan sekali.
  • Sirami tanah hingga basah.
  • Buat larutan GDM Black BOS dengan cara memasukkan 250 ml GDM Black BOS kedalam sprayer, kemudian aduk hingga merata. Dosis yang disarankan dalam 1 ha lahan adalah 10 kg.
  • Semprotkan keseluruh permukaan media tanam hingga merata. Lakukan penyemprotan terhadap semua media tanam menggunakan larutan GDM Black BOS tersebut hingga habis dan ulangi pengaplikasian setiap 6 bulan sekali.

b. Pemupukan Alpukat Aligator Umur 1-3 Tahun

Pada tanaman alpukat yang sudah berumur 1-3 tahun, Anda disarankan untuk melakukan pemupukan dengan dosis yang berbeda dengan sebelumnya.

Ini dikarenakan tanaman alpukat yang sudah berumur 1-3 tahun membutuhkan nutrisi untuk pembentukan batang yang kokoh serta daun dan akar yang lebat.

Berbekal fisik pohon yang kuat, maka nantinya tanaman alpukat aligator Anda bisa melakukan proses pembungaan dan pembuahan dengan lebih cepat dan optimal. Sehingga tanaman alpukat bisa cepat berbuah dan berbuah lebat. Berikut ini adalah panduan cara pemupukan alpukat aligator umur 1-3 tahun:

  • Buat larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah dengan cara memasukkan 500 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah kedalam sprayer, kemudian aduk hingga merata.
  • Semprotkan larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah tersebut keseluruh bagian tanaman, utamanya bagian daun dan batang tanaman. Lakukan hingga memenuhi dosis 10 liter/ha dan ulangi pengaplikasian setiap 2 minggu sekali.
  • Tebarkan secara merata 500 gram GDM SaMe Granule Bio Organic di permukaan lubang tanam, atau 90 kg/ha.
  • Ulangi pengaplikasian GDM SaMe Granule Bio Organic setiap 4 bulan sekali.
  • Sirami tanah hingga basah.
  • Buat larutan GDM Black BOS dengan cara memasukkan 250 ml GDM Black BOS kedalam sprayer, kemudian aduk hingga merata. Dosis yang disarankan dalam 1 ha lahan adalah 10 kg.
  • Semprotkan keseluruh permukaan media tanam hingga merata. Lakukan penyemprotan terhadap semua media tanam menggunakan larutan GDM Black BOS tersebut hingga habis dan ulangi setiap 4 bulan sekali.

c. Pemupukan Alpukat Aligator Umur >3 Tahun

Saat tanaman sudah berumur >3 tahun, maka tanaman sudah berfokus pada proses pembungaan dan pembuahan.

Oleh karena itulah, Anda disarankan untuk melakukan pemupukan dengan dosis nutrisi yang berfokus pada persiapan pembungaan dan pembuahan. Berikut ini adalah panduan cara pemupukan alpukat aligator umur >3 tahun:

  • Buat larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah dengan cara memasukkan 500 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah kedalam sprayer, kemudian aduk hingga merata.
  • Semprotkan larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah tersebut keseluruh bagian tanaman, utamanya bagian daun dan batang tanaman. Lakukan hingga memenuhi dosis 15 liter/ha dan ulangi pengaplikasian setiap 1 bulan sekali.
  • Tebarkan secara merata 1 kg GDM SaMe Granule Bio Organic di permukaan lubang tanam, atau 175 kg/ha.
  • Ulangi pengaplikasian GDM SaMe Granule Bio Organic setiap 6 bulan sekali.
  • Sirami tanah hingga basah.
  • Buat larutan GDM Black BOS dengan cara memasukkan 250 ml GDM Black BOS kedalam sprayer, kemudian aduk hingga merata. Dosis yang disarankan dalam 1 ha lahan adalah 10 kg.
  • Semprotkan keseluruh permukaan media tanam hingga merata. Lakukan penyemprotan terhadap semua media tanam menggunakan larutan GDM Black BOS tersebut hingga habis dan ulangi setiap 6 bulan sekali.
demikin Cara menanam dan merawat bibit buah alpukat aligator jumbo agar tumbuh maksimal diu dalam pot atau lahan lainnya yang saya bagikan secara lengkap kepada sobat, pada inti dari semua tahapan di atas di perlukan kesabaran serta pengetahuan yang mendalam, jangan lupa terus ikuti artikel kami untuk mendaftakan informasi seputar tanaman dan pertanian.


Posting Komentar

0 Komentar