Budidaya pohon Black Sapote Cara Menanam dan Merawat Bibit Black Sapote Secara Maksimal

Budidaya pohon Black Sapote Cara Menanam dan Merawat Bibit Black Sapote Secara Maksimal

Hallo sobat pada artikel kali ini saya ingin berbagi seputar buah black sapote, mungkin bnayak sobat yang masih asing dengan jenis buah yang satu ini , sebenarnya buah ini termasuk kedalam buah sawo. ketika sobat mendengar nama sawo , mungkin yang terbesit di benak sobat adalah buah yang berwarna coklat memiliki daging yang rasanya manis. akan tetapi bedanya disini buah black sapote, memiliki warna buah yang berbeda dengan jenis sawo pada umumnya, buah ini memiliki warna hijau, selain itu rasa yang lezat menjadi kelebihan tersendiri dari buah ini. untuk itu silahkan sobat pelajari artikel ini agar mengetahui lebih dalam mengenai buah black sapote, yang mudah mudahan menjadi peluang usaha untuk sobat.

Karakteristik Black Sapote

Kabar baik untuk sobat semua, tanaman black sapote ini sangat cocok di tanaman di wilayah indonesia, karena umumnya tanaman ini mudah tunmbuh di wiayah dengan iklim tropis dan sub tropis. untuk wilayah ideal agar pohon black sapote dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pastikan pohon ini tumbuh di ketinggian 200-1800 mdpl, atau di wilayah dataran rendah. selain itu tanaman black sapote ini memiliki kelebihan yaitu mudah beradaptasi dengan segala jenis tanah, namun dengan syarat tanah tersebut cukup lembab, serta memiliki kandungan air yang banyak dan memiliki drainase yang baik. pastikan juga tanah tersebut memiliki kandungan mineral yang banyak serta kaya akan unsur hara. 

adapun tanaman ini harus tersinari matahari sepanjang hari, selain itu tanaman ini juga harus terlindungi dari angin dan da udara yang dingin secara langsung hal tersebut menjadi tantangan sendiri bagi sobat yang berniat menanam bibit buah black sapote , untuk tingkat keasaman pastikan ph dari tanah sekitar 5,6-6,5,namun jika tanah terlalu asam sobat bisa memberikan pupuk domilit untuk menormalkan ph tanah tersebut.

untuk dapat membudidayakan jenis pohon black sapote ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan.

Cara membudidayakan bibit black sapote.

Persiapan lahan untuk penanaman

sebelum melakukan pembelian bibit ada beberapa tahapan yang perlu sobat lakukan, sebaiknya sobat menyiapkan dulu lahan atau media yang nantinya kan di tanami oleh bibit black sapote.
  • buat lubang berukuran 50x50x50cm kemudian beri jarak pada setiap lubang kurang lebih sekita 2-4 semakin besar jarak tana maka akan semakin mempercepat pertumbuhan dari pohon tersebut.
  • kemudia setelah itu biar kan lubang terbuka sela kurun waktu 1-2 minggu tergantung cuaca, hal ini bertujuan agar lubang tersebut tersinari matahari secara langsung, harapannya hama dan bakteri penyakit yang ada di sekitar tersebut bisa mati oleh sinar matahari.
  • adapun untuk tanah dari galian silahkan sobat kumpulkan kemudian campurkan dengan pupuk organik atau pupuk kandang , kemudia beri prebiotik sebesar 5% dari jumah keseluruhan setelah itu silahkan sobat tutup pastikan tidak terkena sinar mata hari secara langsung, maksimalkan agar kedap udara, untuk proses nya sekitar 1 minggu.
  • sembari menunggu proses tersebut pastikan sobat menyiram lubang setiap hari agar tanah sedikit gembur.

Pemilihan dan Pembelian Bibit Black Sapote

untuk bibit sendiri pilih lah bibit black sapote ungul, disarankan untuk memilih bibit yang di perbanyak secara vegetatif atau okulasi, jangan lupa untuk membeli bibit dari penjual terpercaya . umumnya bibit yang bagus di gunakan sekitar 100-150cm biasanya di bandrol seharga 250rb per pohon atau sobat bisa mencoba dengan ukuran yang lebih kecil agar menghemat kocek sobat. namun biasanya buah black sapote di jual mulai dari ukuran 50cm , dengan harga kisaran 50rb rupiah.

Baca juga : Cara menanam serta merawat bibit jeruk santang madu di dalam media pot agar cepat berbuah lebat

Proses Penanaman black sapote

setelah 2 proses di atas sobat lalu sekarang sobat siap untuk menanam bibit black sapote kedalam media yang telah siapkan.
  • siapkan tanah yang sudah di permentasi dengan prebiotik dan pupuk kandang tadi , di samping lubang galian
  • masukan bibit kedalam lubang bersamaan dengan tanah, pastikan posisi bibit  berada di tengah.
  • lepas polybag , pastikan juga tanah yangada dalam poly bag tidak hancur .
  • padatkan tanah dengan tangan sobat, pastkan bibit nya tidak jatuh saaat terkena hujan.

Perawatan Pohon Black Sapote

seperti pohon pada umunya back sapote pun memiliki cara perawatan , setelah sobat melakukan penanaman tadi kali ini akan saya bagikan cara perawatannya.
  • siram tanaman black sapote setidaknya sebanyak 1 hari 1x , hingga tanah lembab atau di sesuai kan dengan kondisi dan cuaca yang ada. namun pastikan jangan melakukan penyiraman terlalu berlebih agar tidak menimbulkan genangan air yang nantinya kan mengundang bibit penyakit, untuk itu di awal saya sarankan membuat sistem drainase.
  • Setelah itu silahkan sobat lakukan proses pemupukan , untuk pupuk yang di berikan kepada pohon black sapote bisa sobat lakukan secara rutin setiap satu bulan sekali ,jika sobat menggunakan pupuk  NPK,Silahkan sobat berikan dengan dosis takaran kira-kira sebanyak 1 sendok teh atau satu sendok makan setiap bulan. Namun, apabila sobat menggunakan pupuk kandang gunakan yang sudah di lakukan proses permentasi terlebih dahulu.untuk dosisnya bisa sobat berikan sesuai dengan kebutuhan atau secukupnya, kira kira sekitar 5-10kg per batang pohon.

Harga jual Buah  Black Sapote

Adapun untuk harga jual dari buah black sapote tergolong buah yang mahal, bila di lihat di berbagai aplikasi online umumnya sekitar 100-150rb perbuahnya, cukup menggiur kan bukan untuk membudidayakan buah tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar